-->

Biografi Bill Gates (Pendiri Microsoft Corp.)

William Henry Gates III atau lebih dikenal dengan nama Bill Gates dilahirkan pada  Biografi Bill Gates (Pendiri Microsoft Corp.)
Bill Gates

William Henry Gates III atau lebih dikenal dengan nama Bill Gates dilahirkan pada 28 Oktober 1955, di Seattle, Washington. Bill Gates yakni adalah anak kedua dari tiga bersaudara. Ayahnya William Henry Gates yakni seorang pengacara perusahaan yang punya banyak relasi di kota. Sedangkan ibunya Mary Maxwell seorang pegawai First Interstate Bank, Pacific Northwest Bell dan anggota Tingkat Nasional United Way.

Bill seorang anak yang cerdas, tetapi beliau terlalu penuh semangat dan cenderung sering mengalami kesulitan di sekolah. Ketika beliau berumur sebelas tahun, orang tuanya memutuskan untuk menciptakan perubahan pada dirinya dan mengirimnya ke Lakeside School, sebuah sekolah dasar yang bergengsi khusus bagi anak laki-laki. Di Lakeside itulah pada tahun 1968 Bill Gates untuk pertama kalinya diperkenalkan dengan dunia komputer, dalam bentuk mesin teletype yang dihubungkan dengan telepon ke sebuah komputer pembagian waktu.

Dia dengan cepat menguasai BASIC, sebuah bahasa pemograman komputer, dan bersama dengan para hacker yang berguru sendiri di Lakeside, beliau melewatkan waktu ber-jam-jam menulis program, melaksanakan permainan, dan secara umum mempelajari banyak hal wacana komputer. “Dia yakni seorang eksentrik,” sebagaimana salah seorang guru menunjukkan Gates julukan itu. Bill Gates menempuh kuliah di Harvard University di Cambridge mulai tahun 1975. Di sana ia bertemu dengan Paul Allen sewaktu sekolah bersama-sama. Bersama Paul Allen, Bill Gates terus menyebarkan talentanya di bidang pemograman komputer. Namun, Bill gates memutuskan keluar (drop out) untuk menyumbangkan wakunya ke Microsoft.

Latar Belakang Pekerjaan

Melalui usaha kerasnya, perusahaan yang ia dirikan yang berjulukan Microsoft Corporation menjadi sukses dan Bill Gates melambung menjadi seorang jutawan. Di tahun 1990 Bill Gates sukses merilis sistem operasi yang sangat sukses di pasaran dunia. Namun, Bill Gates juga menerima reputasi yang tidak baik dalam karirnya. Tidak hanya satu kali, bahkan Bill Gates melaksanakan beberapa kali kesalahan dalam bisnis perangkat lunaknya. Di tahun 1990 Bill Gates menerima tuntutan dari Departemen Keadilan Amerika Serikat dengan dakwaan Gates telah melaksanakan monopoli terhadap perusahaan-perusahaan kecil. Dan sekali lagi Bill Gates tersandung oleh aturan undang-undang bisnis Amerika Serikat pada tahun 1999.

Pada tahun 2000, Bill gates mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Ketua Pegawai Eksekutif dan ia menentukan kembali ke profesi lamanya yang ia cintai yaitu Kepala Penelitian dan Pengembangan Perangkat Lunak di perusahaannya sendiri, Microsoft Corp. Dan pada awal tahun 2008, Bill Gates memutuskan untuk mengundurkan diri dari administrasi Microsoft dan mengkonsentrasikan diri pada kerja kedermawanan melalui yayasan sosial yang didirikannya, yaitu Bill & Melinda Gates Foundation.

Kehidupan Pribadi

Dalam kehidupan peribadinya, Gates menikah dengan Melinda French pada 1 Januari 1994. Mereka memiliki tiga orang anak,
Jennifer Katherine Gates (1996), Rory John Gates (1999) dan Phoebe Adele gates (2002). Dengan istrinya, Bill Gates telah mendirikan Bill & Melinda Gates Foundation, yang merupakan sebuah Yayasan Sosial yang memperhatikan pederita AIDS, beasiswa bagi universitas-universitas dan kepedulian pada dunia ketiga. 

Para kritikus menyampaikan ini merupakan pembuktian terhadap kemarahan banyak orang wacana praktik monopoli, adidaya perusahaannya dan beberapa kejahatan yang telah ia lakukan, tetapi beberapa orang yang erat dengan Bill Gates berkata bahwa ia memang telah usang berencana untuk menyumbangkan sebagian besar hartanya. Di tahun 1999 koran Washington Post memberitakan bahwa "Gates" telah menyatakan bahwa beliau memutuskan untuk menyumbangkan $5 milyar kepada organisasi mereka. Hal itu tentu tidak mengherankan sebab berdasarkan survei Majalah Forbes, Bill Gates selalu menjadi orang terkaya di dunia berturut-turut selama tahun 1996 – 2004 dengan jumlah $ 90 Milyar. Dengan usaha dan tekad yang keras kini Bill Gates telah menggapai cita-citanya. Untuk mencapai kesuksesan memang diharapkan pengorbanan dan usaha yang berat, namun usaha keras dan perilaku pantang mengalah Bill Gates telah membuahkan hasil yang sanggup ia nikmati ketika ini.

FAKTA FAKTA KEKAYAAN BILL GATES
Mau tahu seberapa kaya sih Bill Gates itu? Inilah Fakta-faktanya..

1. Bill Gates menghasilkan US$250 setiap detiknya, itu sekitar US$20 juta sehari dan US$7,8 milyar setahun!

2. Jika beliau menjatuhkan US$1.000, beliau bahkan tidak perlu repot-repot lagi untuk mengambilnya kembali sebab sama dengan waktu 4 detik untuk mengambil, beliau sudah memperoleh penghasilan dalam jumlah yang sama.

3. Utang nasional Amerika sekitar US$5,62 trilyun, bila Bill Gates akan membayar sendiri utang itu, beliau akan melunasinya dalam waktu kurang dari 10 tahun.

4. Dia sanggup menyumbangkan US$15 kepada semua orang di dunia tapi tetap sanggup menyisakan US$5 juta sebagai uang sakunya.

5. Michael Jordan yakni atlet yang dibayar paling mahal di Amerika. Jika beliau tidak makan dan minum dan tetap membiarkan penghasilannya utuh dalam setahun sejumlah US$30 juta, beliau tetap harus menunggu hingga 277 tahun semoga sanggup sekaya Bill Gates sekarang.

6. Jika Bill Gates yakni sebuah negara, beliau akan menjadi negara terkaya sedunia nomor ke 37 atau jadi perusahaan Amerika terbesar nomor 13, bahkan melebihi IBM.

7. Jika semua uang Bill Gates ditukarkan ke dalam pecahan US$1, kita sanggup menyusunnya menjadi jalan dari bumi ke bulan, 14 kali bolak balik. Tapi jalan itu harus dibentuk non stop selama 1.400 tahun dan memakai total 713 buah pesawat Boeing 747 untuk mengangkut semua uang itu.

8. Bill Gates kini berumur 40 tahun. Jika kita mengasumsikan beliau sanggup hidup 35 tahun lagi maka beliau harus membelanjakan US$6,78 juta per hari untuk menghabiskan semua uangnya sebelum beliau meninggal.

9. Tapi! Jika pemakai Microsoft Windows sanggup mengklaim US$1 untuk setiap kali komputernya hang sebab Microsoft Windows, Bill Gates akan segera gulung tikar dalam waktu 3 tahun!